Cara membuat tape Ketan dari si mbok

Cara membuat tape Ketan dari si mbok, Baiklah pemirsa blog bumbumemasak.blogspot.com kali ini akan saya bagikan langkah-langkah untuk membuat tape ketan versi si mbok. Tape ketan adalah jajanan tradisional yang sudah tidak asing lagi bagi orang jawa khususnya, dan saya dapatkan tutorial ini dari ibuku sendiri saat membuat tape tersebut serta tanya-tanya kepada beliau.

Cara membuat tape Ketan dari si mbok

Adapun sebelum anda melakukan pembuatannya maka erlu anda peraiapkan adalah bahan-bahannya yaiti sebagai berikut:

  1. Beras ketan 3.5 Kg
  2. Ragi 2 buah
  3. Daun pisang secukupnya
  4. Lidi daun kelapa secukupnya


Langkah-langkah pembuatan tape beras ketan


  1. Pertama bersihkan beras ketannya (jawa: di pususi)
  2. Dan masak beras ketan yang sudah bersih tadi anda bisa membuatnya sesuai kebutuhan, saat itu simbok membuat 3.5 Kg. Memasaknya dengan cara Masukkan ke dalam dandang untuk di masak (java: di dang)
  3. Jika telah terlihat setengah matang maka angkat di cuxi lagi (di pususi lagi) dan di masak lagi atau di dang ke dalam dandang hingga matang.
  4. Lalu letakkan ketan yang sudah matang tadi di atas daun pisang atau tempat sekira bersih dan sebarkan kira-kita ketebalan 3 cm. 
    Cara membuat tape Ketan dari si mbok
  5. Kemudian Taburkan ragi yang telah anda lemburkan tadi hingga merata. Agar ragi bisa rata maka bisa anda tebarkan dengan cara dua kali yaitu tebarkan para ketan lalu balik ketannya dan taburkan lagi. Ukurannya Ragi 2 butir bisa untuk Ketan 3,5 Kg. Jika anda hanya membuat 2 Kg saja maka cukup 1 ragi saja jadi silahkan anda sesuaikan sediri. 
    Cara membuat tape Ketan dari si mbok
     Jangan lupa di balik dan taburkan lagi raginua akar bisa lebih merata.
    Cara membuat tape Ketan dari si mbok
  6. Kemudian ketan yang sudah di taburi dengan ragi maka di kemas dalam daun pisang yang telah anda sediakan. 
  7. Lalu diamkan hinngga 2-3 hari maka tape ketan pun sudah siap untuk kalian nikmati.


Demikianlah langkah-langkah membuat tape dari beras ketan dari blog bumbu memasak versi si mbok, dan jika tape telah masak akan tampak sebagai berikut tampak berair yang rasanya manis banget dan sedap apalagi buat camouran minuman es pasti akan lebih mantab:



Pada gambar di atas setelah 2 hari tape ketan sudah jadi. jajanan tape ketan ini biasanya di sajikan dalam acara yasinan, walimahan dan lain sebaginya. Dan dapatkan cara membuat jajanan lainnya pada post berikutnya, salam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara membuat tape Ketan dari si mbok"

Post a Comment

Silahkan beri berkomentar